Tentang Kami

Surnalisme adalah platform media musik, seni dan kultur asal Bandung, Indonesia. Karakteristik konten yang disajikan identik dengan gaya khas, kritis serta mendalam. Sampai saat ini, Surnalisme menjadi satu dari beberapa media di Indonesia yang mengusung jurnalisme gonzo.

Surnalisme dicetuskan oleh Bobby Agung Prasetyo yang lantas mengajak Karel, lalu Septian Nugraha. Awak media sempat dibantu oleh beberapa orang, hingga akhirnya kembali bertiga. Saat baru dimulai hingga pertengahan 2018 silam, domain situs adalah Surnalisme.com.

Nama Surnalisme diambil dari “Sur” (bahasa Hindi, artinya catatan musik) dan jurnalisme. Permainan kata tersebut dianalogikan sebagai Surnalisme yang merupakan catatan musik, namun bukan dalam bentuk tablatur dan rangkaian not balok; melainkan laporan jurnalistik.

Logo Surnalisme mengalami perubahan pada tahun 2019 ini dengan bentuk menyerupai simbol infinity, sebagai harapan agar gerak langkah yang kami lakukan tak terbatas dan bebas mengeksplor. Dominasi warna merah adalah tanda bahwa Surnalisme berani, tegas, serta jujur.

Visi Surnalisme adalah menjadi media alternatif yang segar dan kritis dengan cara mengajak pembaca berpikir bahwa ranah seni tidak selalu berjalan baik-baik saja. Maka dari itu, misi yang dilakukan adalah membuat konten peliputan secara jujur dan terbuka terhadap segala fakta.

Rubrikasi Surnalisme kini ada tiga, yakni:

– MUSIK

Segala hal tentang musik mulai dari profil musisi, resensi album, dan sebagainya.

– SENI

Pergerakan ranah seni di luar musik, semisal pembuatan artwork hingga ranah tradisional.

– KULTUR

Rubrik yang mengulas bagaimana sosial masyarakat mempengaruhi budaya pop.

***

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat ini Surnalisme beralih pada situs baru dengan domain .id karena satu dan dua hal tertentu. Namun, hal tersebut tak menurunkan minat masyarakat dan sejumlah pengikut yang telah setia sejak Surnalisme berdiri pada 2015 lalu.

***

STRUKTUR MEDIA

Editorial Staff

Bobby Agung Prasetyo

Septian Nugraha

Business & Media Relations

Karel

Rizky Putra